Home » Berita » Terima Kunjungan Danlanal Buol Toli-Toli, Bupati Buol Berharap Sinergis Jaga Kedaualatan Maritim Daerah

dr. H. Amirudin Rauf, Sp.OG,M.Si

Salam Pembangunan

Selamat datang di Portal dan Website Pemerintah Kabupaten Buol. Portal dan Website ini adalah sarana komunikasi dan berbagi informasi antara Pemerintah dan Masyarakat serta sebagai media publikasi pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan layanan kemasyarakatan dan juga sebagai sarana menampung dan menjawab segala keluhan masyarakat terkait layanan publik dan pembangunan wilayah. Terima kasih atas kunjungannya, semoga Portal dan Webiste ini dapat memenuhi kebutuhan informasi Anda. Admin

Terima Kunjungan Danlanal Buol Toli-Toli, Bupati Buol Berharap Sinergis Jaga Kedaualatan Maritim Daerah

Senin, 01 Maret 2021, Pukul.10.00 Wita
—————————————————————-
Kedaulatan Maritim merupakan hak dasar yang wajib bagi tiap negara dan juga daerah. Olehnya sebagai kekayaan daerah, tentu mesti di jaga kelestarianya. Sebab melestarikan ekosistem laut sama juga dengan menjaga keseimbangan ekologi daerah.
Bupati Buol menerima kunjungan kerja DANLANAL Buol Toli-Toli di ruang kerjanya Senin, 1 Maret 2021. Dalam agenda ini Bupati Buol di damping oleh Sekretaris Daerah Kab. Buol.
Danlanal Buol Toli-Toli dalam kunjunganya selain Silaturahmi, juga membahas beberapa masalah-masalah actual di bidang kelautan (kemaritiman) di Kabupaten Buol.
Pertemuan ini berlangsung santai di selingi diskusi-diskusi hangat seputar topik diatas.
Dalam pengantarnya Bupati Buol menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Buol. Harapanya kehadiran Danlanal Buol Toli-Toli ini dapat mengurai beberapa persoalan kemaritiman di Kabupaten yang dikenal dengan Bumi Pogogul ini.
“Ada beberapa persoalan serius di sektor Kemaritiman di Buol, utamanya praktek illegal fishing yang selain mengangkangi kedaulatan wilayah Kab. Buol, sebab pelaku-pelaku banyak di temukan merupakan warga luar daerah yang hanya datang menimbulkan kerusakan ekosistem bawah laut” Ujar Bupati Buol.
“Praktek ini dilakukan baik dengan cara pengeboman yang membuat kerusakan yang amat besar bagi terumbu karang yang merupakan habitat bagi organisme laut” Lanjut Bupati lagi.
Keterbatasan otoritas Pemda dalam menindak tindakan destruktif ini di sebabkan oleh aturan dan wewenang pemerintah daerah yang terbatas. Sebab kekuasaan Pemda di laut sama seperti Hutan, dimana daerah punya hak hukum yang terbatas.
“Laut itu sama dengan Hutan. Pemda di atur, sampai jarak berapa dari daratan menjadi kawasan yang berhak di kuasai dan di tindaki oleh Pemda, di luar itu menjadi wewenang Pemerintah Provinsi” Ungkap Bupati.
Padahal menurut Bupati dua periode ini, terumbu karang menjadi salah satu kekayaan bahari daerah. Di beberapa tempat khususnya Pulau Raja dan Tanjung Dako ada banyak ekosistem laut yang hidup selain terumbu karang, ada satwa langka dan juga berbagai jenis ikan.
Di kesempatan selanjutnya Danlanal tak lupa menyampaikan komitmenya untuk membantu pemda Kab. Buol dalam menertibkan tindakan Ilegal Fishing ini. Menurutnya selain koordinasi dengan Danlanal Wilayah Tetangga, juga akan lebih sering meninjau langsung serta berkoordinasi dengan pemda Buol.
“Kedatangan kami ini baru tahap perkenalan dan silaturahmi, semoga kedepan akan lebih sering turun ke lapangan bersinergi dengan Pak Bupati untuk menjaga kedaualatan maritime serta pelestarian ekologis Kab. Buol” tutup Lulusan Akmil Tahun 2000 ini.
 
Setelah selesai bincang hangat, agenda dilanjutkan dengan foto bersama.