Home » Berita » Terima Dokter Internsip Secara Resmi, Bupati Buol: Tugas Dokter Adalah Mengabdi Pada Kemanusiaan

dr. H. Amirudin Rauf, Sp.OG,M.Si

Salam Pembangunan

Selamat datang di Portal dan Website Pemerintah Kabupaten Buol. Portal dan Website ini adalah sarana komunikasi dan berbagi informasi antara Pemerintah dan Masyarakat serta sebagai media publikasi pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan layanan kemasyarakatan dan juga sebagai sarana menampung dan menjawab segala keluhan masyarakat terkait layanan publik dan pembangunan wilayah. Terima kasih atas kunjungannya, semoga Portal dan Webiste ini dapat memenuhi kebutuhan informasi Anda. Admin

Terima Dokter Internsip Secara Resmi, Bupati Buol: Tugas Dokter Adalah Mengabdi Pada Kemanusiaan

Senin, 22 Februari 2021, Pukul 10.30 Wita.
———————————————————————
Bupati Buol hadir dalam penerimaan secara resmi kedatangan dokter internsip di Kabupaten Buol, bertempat di Aula Kantor Bupati Buol.
Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RS. Mokolyuri, Kepala PKM Biau dan Kepala PKM Momunu.
Dalam sambutanya Bupati Buol menyampaikan tentang pentingnya fase ini bagi dokter. Dimana merupakan fase pengenalan dan transisi dari bidang akademik keilmuan, menuju praktek dan pengalaman sesungguhnya.
“Tugas seorang dokter adalah mengabdikan ilmu pada sesama manusia. Stigma seorang dokter adalah suatu bidang pekerjaan yang mapan, dan bergelimang harta. Padahal dalam proses untuk mencapai seorang dokter, bukanlah proses yang instan. Sebab, tanggung jawab keilmuan ini bukanlah hal yang mudah” tutur Bupati Buol.
Menjadi seorang dokter bagi Bupati Buol Buol yang juga berlatar belakang akademik Kedokteran ini, adalah tugas mulia untuk berempati dan mengabdikan diri pada tugas kemanusiaan.
“kita bertanggung jawab atas hidup pasien, kita memperhatikan setiap detail pengobatan demi kesembuhan pasien. Bagi kita, keselamatan pasien adalah utama. Inilah tugas mulia pengabdian pada kemanusiaan” lanjut Bupati spesialis Kandungan ini.
Lanjutnya, Pimpinan Daerah ini berharap, proses ini dapat di tekuni dengan baik. Di lapangan para dokter akan mendapat banyak pengalaman berharga, baik untuk pekerjaanya, maupun kelak jika ingin melanjutkan studi ke Dokter Spesialis.
“Dari pengalaman inilah, kalian akan banyak mendapat pengalaman praktek yang sangat berharga. Kedepan jika ingin melanjutkan, banyak keputusan kalian memilih melanjutkan ke jenjang dokter spesialis, akan di tentukan oleh pegalaman lapangan kalian” sambung Bupati.
Tak luput, Bupati menyampaikan pentingnya membangun hubungan interpersonal antara Dokter dan Pasien. Baginya, sikap, etika, dan komunikasi sangatlah penting dalam proses kesembuhan pasien.
“Selain ilmu akademik, aspek hubungan interpersonal antara tenaga kesehatan dan pasien sangatlah penting dalam kesembuhan pasien. Seorang tenaga kesehatan harus menjaga etika dan sikapnya, ramah dan mampu membangun komunikasi yang baik. Banyak fakta dan pengalaman kegagalan mengobati pasien di sebabkan kegagalan membangun komunikasi yang baik” sambung Bupati lagi.
Tak lupa Bupati Buol menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Buol bagi para Dokter Internsip yang akan bertugas di Buol.
“Selamat datang di Kabupaten Buol, selamat bekerja, selamat mengabdi bagi kemanusiaan” tutup Bupati dua periode ini.
Untuk di ketahui, Dokter Internsip yang betugas ini berjumlah 11 Orang, dari kesebelas dokter ini, dua orang merupakan anak asli daerah Kabupaten Buol. Kesebelas dokter ini juga merupakan gelombang ke IV, dan akan bertugas selama setahun. Total dokter Internsip di Kabupaten Buol berjumlah 46 orang.
Acara penerimaan ini di tutup dengan perkenalan satu persatu dari kesebelas dokter ini, setelah itu sesi foto bersama.
Bagian Protokol Dan komunikasi Pimpina Sekretariat Daerah Kabupaten Buol.