Home » Berita » Pendidikan dan SDM Adalah Faktor Penting Kemajuan Daerah

dr. H. Amirudin Rauf, Sp.OG,M.Si

Salam Pembangunan

Selamat datang di Portal dan Website Pemerintah Kabupaten Buol. Portal dan Website ini adalah sarana komunikasi dan berbagi informasi antara Pemerintah dan Masyarakat serta sebagai media publikasi pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan layanan kemasyarakatan dan juga sebagai sarana menampung dan menjawab segala keluhan masyarakat terkait layanan publik dan pembangunan wilayah. Terima kasih atas kunjungannya, semoga Portal dan Webiste ini dapat memenuhi kebutuhan informasi Anda. Admin

Pendidikan dan SDM Adalah Faktor Penting Kemajuan Daerah

Bertempat di Aula Lantai II, Bupati Buol menerima kunjungan serta silaturahmi dari Keluarga Besar Mahasiswa Buol (KBMB) IAIN Palu, Kamis, 4 Maret 2021. Dalam pertemuan ini, Bupati Buol didampingi oleh Asisten Bidang Perekonomian, Kepala Bappeda, Kepala PPKAD, Kadis Pertanian dan Peternakan, Kadis Kesehatan, Kadis Pariwisata, Kadis Dikbud, Kadis Perikanan.

Agenda ini selain silaturahmi, juga membahas beberap hal terkait pembangunan dan kebijakan pemda Buol selama ini. Tujuan agar, informasi-informasi yang di dapatkan hanya melalui media social dapat di cek langsung kebenaranya. Aspek lainya yang menjadi pembahasan, adalah tentang prospek kebiajakn pembangunan SDM di Kabupaten Buol.

Sejarah Buol Adalah Sejarah Kaum Terpelajar

Dalam kesempatanya, Bupati Buol sedikit bercerita tentang romantisme dunia pendidikan di kabupaten Buol. Bagaimana semangat dan tekad untuk mengenyam pendidikan tak pernah surut sekalipun harus menempuh jarak berkilo-kilo meter.

“Orang Buol di kenal dengan kesadaranya yang terpelajar. Bahkan sekalipun dengan keterbatasan ekonomi serta jarak, tak sedikitpun menghentikan tekad menjadi kaum terpelajar. Saat masih tergabung dalam Kab. Buol Toli-Toli sekolah hanya ada di Leok, tetapi dari berbagai Kecamatan yang ada saat ini, datang mengenyam pendidikan di Leok” ujarnya.

“hampir di semua wilayah di Sulteng, pasti ada Guru orang Buol. Ini bukan tanpa sebab, dulu hanya ada dua Sekolah Pendidikan Guru (SPG), satu di Buol, satu di Kabupaten Donggala. Apalagi di Kabupaten Toli-toli, Sebagian besar guru-guru disana adalah orang Buol. Hal ini bukti bagaimana orang Buol sangat gandrung dan cinta pendidikan” ujar Bupati lagi. 

Kultur terdidik dan terpelajar menjadi satu budaya sampai saat ini. Turun temurun budaya kritis menjadi satu dinamika yang akan berkontribusi pada pembangunan dan kemajuan Buol. Kultur terpelajar ini merupakan satu modal utama Kab. Buol menjadi daerah yang maju kedepan.

Kebijakan Afirmatif dan SDM

Salah satu hal yang di soroti oleh Bupati adalah bagaimana menyediakan kondisi yang akan memastikan dan total interevensi agar aktifitas ekonomi rakyat sesuai hasil yang di inginkan. Kebijakan ini di kenal dengan kebijakan afirmatif, dimana suatu strategi kebijakan yang memastikan rakyat Buol benar-benar dapat meningkatkan kesejahteraan.

Dalam kebijakan Afirmatif, bagi Bupati, faktor Kualitas Sumber Daya Manusia sangatlah penting. Olehnya kebijakan dalam sector pendidikan, memberi akses yang luas untuk mengenyam dan menempuh pendidikan yang tinggi.

Kelak, disiplin ilmu yang didapat dari perguruan tinggi, akan sangat beperan penting dalam proses pembangunan daerah kedepan. Terlebih disiplin ilmu yang menjadi kebutuhan dasar warga, baik soal Pendidikan, Kesehatan, dan Utamanya Pertanian dan Peternakan.

Untuk memastikan akses mengenyam pendidikan tinggi bagi generasi muda, maka kebijakan dan program ekonomi di sector Pertanian, Perikanan dan Peternakan harus memastikan peningkatan pendapatan rakyat. Sebab, pendapatan yang meningkat, selain dapat menjamin kesejahteraan juga adalah jaminan bagi proses mengenyam pendidikan bagi generasi masa depan.

Agro ekonomi, biotekhnologi, agrotekhnologi, mikrobiologi, rekayasa genetik, adalah disiplin ilmu yang akan sangat berguna bagi kemajuan sector pangan kedepan. Tentu dengan tidak mengesampingkan disiplin ilmu yang lain. 

Tugas Pemerintah adalah, menciptakan prakondisi agar akses generasi dapat mengenyam pendidikan sesuai minat dan bakatnya. Demokratisasi pendidikan tidak saja membuka akses yang luas bagi dunia pendidikan, namun memberikan kebebasan untuk memilih disiplin ilmu yang di inginkan.

Kemajuan SDM Berdasarkan Data

Kebijakan Pemda dalam sector pendidikan dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga dapat di ukur melalui data-data ilmiah. Sehingga progresifitas bidang pendidikan dapat di nilai kesuksesanya.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita terbilang cukup tinggi, yakni berada di angka 67,69, hal ini menunjukan konsistensi Pemda dalam meningkatkan kapabilitas warga khususnya di usia 15 tahun keatas.

Data Lainya adalah Angka Partisipasi Murni atau partisipasi pendidikan berada di angka 62, 24, sedangkan jumlah partisipasi pendidikan khusus SMA-Perguruan Tinggi berada di angka 25.000 jiwa. (data BPS Dalam Angka 2020).

Membangun SDM yang maju dan berdaya saing adalah salah satu tanggung jawab mencerdaskan kehidupan bangsa. Olehnya, untuk memajukan perekonomian daerah, harus linear dengan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten.

Silaturahmi ini di tutup dengan foto bersama, Bupati bersama mahasiswa sambil meneriakan yel-yel Buol Maju dan Sejahtera.