Home » Berita » Komitmen Kembangkan Udang Vaname Bupati Buol Akan Bangun Ekosistem Inovasi Tekhnolgi Dengan Kirim Anak Daerah Belajar di Takalar

dr. H. Amirudin Rauf, Sp.OG,M.Si

Salam Pembangunan

Selamat datang di Portal dan Website Pemerintah Kabupaten Buol. Portal dan Website ini adalah sarana komunikasi dan berbagi informasi antara Pemerintah dan Masyarakat serta sebagai media publikasi pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan layanan kemasyarakatan dan juga sebagai sarana menampung dan menjawab segala keluhan masyarakat terkait layanan publik dan pembangunan wilayah. Terima kasih atas kunjungannya, semoga Portal dan Webiste ini dapat memenuhi kebutuhan informasi Anda. Admin

Komitmen Kembangkan Udang Vaname Bupati Buol Akan Bangun Ekosistem Inovasi Tekhnolgi Dengan Kirim Anak Daerah Belajar di Takalar

Bupati Buol, selepas melaksanakan rapat terkait pengembangan usaha peternakan ayam dan merumuskan langkah ekonomi turunanya, tak berlama-lama langsung tancap gas bersama rombongan meninjau tambak percontohan udang vaname di Dusun Moronggue, Kec. Lakea, Rabu 17 Maret 2021.

Turut serta bersama Bupati, Asisten Bupati, Kadis Perikanan dan Kelautan dan juga Camat Lakea sebagai kepala Wilayah.  Agenda ini merupakan rangkaian melihat progres budidaya tambak udang percontohan di Dusun Morombue.

Kebutuhan Menyiapkan Tenaga Ahli 

Bupati Buol selain meninjau langsung perkembangan sarana infrastruktur budidaya udang vaname, juga terlibat diskusi serius terkait prospek jangka panjang udang vaname bagi perekonomian masyarakat.

Mencermati hambatan yang di alami rakyat dalam mengembangkan usaha budidaya ini, Bupati menginstruksikan untuk mengirim anak asli daerah untuk belajar tekhnik pembuatan bibit/benih udang. Hal ini sejalan dengan memposisikan tambak contoh Morombue sebagai tempat menghasilkan bibit udang untuk dikembang biakan oleh masyarakat.

“Kita kirim beberapa orang untuk belajar ke Takalar, hal ini agar kedepan kita tidak perlu lagi membeli bibit udang dari luar. Kita berharap dengan ilmu yang di dapatkan dari belajar di Takalar, akan menunjang rencana Kabupaten Buol membuat bibit sendiri dan kemudian di salurkan kepada tambak-tambak kelompok masyarakat” ujar Bupati Buol.

Bupati Buol sadar betul bahwa Budidaya Udang vaname baik tradisional, semi, dan supra intensif membutuhkan inovasi tekhnologi. Sebab, untuk suksesnya program ini, harus di tunjang dengan kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang ahli di bidangnya, dan tentu telah banyak menimbah ilmu praktis di daerah yang telah berhasil membudidayakan udang vaname ini.

“untuk mengantisipasi hambatan tambak yang di kelolah oleh masyarakat dalam hal akses terhadap bibit yang cukup mahal, daerah harus berpikir untuk mengembangkan pembibitan sendiri dan menerapkan ekosistem inovasi tekhnologi yang komprehensif di sector Budidaya udang vaname” lanjut Bupati Buol.

Selepas berdiskusi panjang, rombongan langsung menuju ke kelurahan Kumaligon, Kecamatan Biau, meninjau budidaya ikan Nila yang di kelolah oleh masyarakat dengan memanfaatkan lahan tidur serta pasokan air yang lancar.

Budidaya ikan Nila ini, sudah berjalan beberapa bulan, dan cukup berkembang baik pertumbuhan Ikan Nila tersebut. 

“harapanya lahan-lahan yang masih ada, agar di alih-fungsikan menjadi tambak, ketimbang di biarkan menjadi lahan tidur yang tidak terkelolah. Jika pemilik lahan bersedia, pemda akan menyediakan alat untuk mencetak pematang, agar budidaya Ikan Nila ini dapat massif dan berkembang pesat” lanjut Bupati.

“harapanya, kita dapat memanfaatkan Ikan Nila ini, selain dapat di jual di pasaran, juga dapat kita manfaatkan menjadi bahan baku dalam pembuatan pakan ternak dan pakan udang serta ikan” tutup Bupati Buol.