Home » Berita » Bupati Buol Insruksikan Camat dan Kades Sinergiskan APBDes dengan Visi Misi, RPJMD, dan Program Strategis Daerah

dr. H. Amirudin Rauf, Sp.OG,M.Si

Salam Pembangunan

Selamat datang di Portal dan Website Pemerintah Kabupaten Buol. Portal dan Website ini adalah sarana komunikasi dan berbagi informasi antara Pemerintah dan Masyarakat serta sebagai media publikasi pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan layanan kemasyarakatan dan juga sebagai sarana menampung dan menjawab segala keluhan masyarakat terkait layanan publik dan pembangunan wilayah. Terima kasih atas kunjungannya, semoga Portal dan Webiste ini dapat memenuhi kebutuhan informasi Anda. Admin

Bupati Buol Insruksikan Camat dan Kades Sinergiskan APBDes dengan Visi Misi, RPJMD, dan Program Strategis Daerah

Kamis, 07 Januari 2020, Pukul 09.00 Wita.
Bupati Buol Hadiri Rapat Kerja Percepatan RKPDes dan APBdes Tahun 2021 bertempat di Aula Kantor DPMD -P3A Kab. Buol, Kamis (7/1).
Dalam rapat tersebut dihadiri oleh seluruh Camat se-Kabupaten Buol, bersama Kepala DPMD-P3A , Kepala Inspektorat, dan Asisten 1 Bagian Pemerintahan.
Bupati Buol dalam sambutanya menyampaikan bahwa Camat adalah perpanjangan tangan Bupati di Kecamatan.
“Camat adalah Bupatinya Kecamatan, oleh sebab itu sebisa mungkin memahami dengan betul apa Visi-misi, RPJMD, dan Program Strategis Daerah yang menjadi prioritas” Ujarnya.
“Camat juga harus mampu mengintervensi penyusunan RKPdes dan APBdes agar sinergis dengan beberapa program prioritas pemda seperti Gertak Boss, Udang Vaname, dan One Man One Cow” ujarnya.
Selain itu, Bupati Buol menambahkan untuk mewujudkan Visi-Misi Mensejahterakan Rakyat Yang Bertumpu pada Kemandirian dan Kedaulatan Membutuhkan Kesungguhan dan Tanggung Jawab atas amanah yang di emban.
“Saya harap seluruh Camat juga merasa memiliki dan bertanggung jawab atas sukses program ini. Sebab, Program ini punya landasan filosofisnya, ilmiah dan applicable, sudah di kaji dan dapat di pertanggung jawabkan” tutur Bupati dengan penuh semangat.
Camat sebagai kepala wilayah mesti memiliki pengetahuan yang cukup untuk membangun kesejahteraan rakyat.
“Proyeksi kearah mana Wilayahnya harus di pahami oleh Camat. Potensi apa, sektor ekonomi mana, dan berapa luas lahan sawah dan pertanian, berapa jumah penduduk. Ini pengetahuan dasar yang mesti di miliki setiap Camat. Namun harus tetap berkesuaian dengan Visi Misi dan RPJMD” ucap Bupati 2 Periode ini.
“Sebisa mungkin APBdes di fokuskan pada program pemberdayaan ekonomi rakyat, Untuk tahap awal semua program butuh afirmasi Pemerintah, semisal biaya produksi, Bibit, dll. Setelah mereka mampu dan berdaya, baru kita biarkan mengelola secara mandiri, seperti praktek P3K di Kecamatan Paleleh” Ucapnya lagi.
“Kita afirmasi setiap program agar mereka memiliki Akses meningkatkan Kapabilitasnya secara ekonomi” tambahnya.
Sebagai Penutup Beliau berpesan agar Camat lebih pro aktif mengarahkan Kepala Desa dalam menentukan program prioritas. Kades harus di pastikan mampu mensinergiskan Dana Desa dengan mandat Mensejahterakan rakyat sesuai Visi Misi Pemda.
“Camat memiliki Alat Untuk Menekan. Jika ada Kepala Desa yang tidak mau sejalan dengan Program Pemda, agar Jangan di tanda tangani rekomendasi, dll” Tutup Amirudin Rauf.
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Buol.