Home » Berita » 273 ORANG TERJARING OPERASI YUSTISI PENERAPAN DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN

dr. H. Amirudin Rauf, Sp.OG,M.Si

Salam Pembangunan

Selamat datang di Portal dan Website Pemerintah Kabupaten Buol. Portal dan Website ini adalah sarana komunikasi dan berbagi informasi antara Pemerintah dan Masyarakat serta sebagai media publikasi pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan layanan kemasyarakatan dan juga sebagai sarana menampung dan menjawab segala keluhan masyarakat terkait layanan publik dan pembangunan wilayah. Terima kasih atas kunjungannya, semoga Portal dan Webiste ini dapat memenuhi kebutuhan informasi Anda. Admin

273 ORANG TERJARING OPERASI YUSTISI PENERAPAN DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN

Operasi penegakan hukum dan penerapan disiplin protokol kesehatan kembali digelar. Beberapa titik di Kota Buol menjadi lokasi berlangsungnya operasi ini diantaranya: kompleks Kuburan Raja, Tugu Bambu Kuning, Anjungan Leok I, Pertamina Kampung Bugis dan Tugu Samsat. Adapun sasaran dalam operasi ini adalah masyarakat yang tidak memakai masker saat keluar rumah.
Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari, dimulai pada Kamis (25/2) hingga hari ini Senin (1/3). Adapun tim Satgas yang bertugas dalam operasi ini terdiri dari gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Bapenda, Dinas Kesehatan, Bakesbangpol dan Dinas Komunikasi dan Informatika.
Jenis sanksi yang diterapkan dalam operasi ini adalah sanksi administratif dan sanksi sosial. Berdasarkan Perbup No.22 Tahun 2020, besaran sanksi administratif yang dikenakan kepada pelanggar sebesar Rp.50.000. Sementara untuk sanksi sosial berupa kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar. Dari hasil operasi yang berlangsung selama lima hari itu, tim Satgas menjaring setidaknya 273 pelanggar protokol kesehatan. Sebanyak 23 orang dikenakan sanksi berupa denda administratif dan 250 melaksanakan sanksi sosial berupa kerja bakti. Operasi ini sebagai upaya penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Operasi ini pula bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di Kabupaten Buol.