Home »

dr. H. Amirudin Rauf, Sp.OG,M.Si

Salam Pembangunan

Selamat datang di Portal dan Website Pemerintah Kabupaten Buol. Portal dan Website ini adalah sarana komunikasi dan berbagi informasi antara Pemerintah dan Masyarakat serta sebagai media publikasi pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan layanan kemasyarakatan dan juga sebagai sarana menampung dan menjawab segala keluhan masyarakat terkait layanan publik dan pembangunan wilayah. Terima kasih atas kunjungannya, semoga Portal dan Webiste ini dapat memenuhi kebutuhan informasi Anda. Admin

Pelatihan Teknologi Informasi bagi Penyuluh Pertanian pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Buol Sulawesi Tengah.

Pelatihan resmi dibuka oleh Ir. Ibrahim Rasyid Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Buol pada tanggal 23 Juli 2018, dan dihadiri oleh Pejabat Dinas/Badan/Kantor Lingkup Organisasi Pemda Kabupaten Buol, Narasumber serta peserta dari 11 BPP/Kecamatan yang berjumlah 70 orang. Pelatihan ini akan berlangsung dari tanggal 23 s.d 28 Juli 2018. Sebelumnya juga telah pernah dilaksanakan pelatihan tentang Angka Kredit bagi Penyuluh Pertanian pada tahun 2016 oleh Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian dan Kehutanan (BP4K) dan tahun 2017 pelatihan tentang Methodologi Penyuluhan Pertanian oleh Dinas Pertanian.

Sambutan dan arahan Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Buol, mengatakan:

‘Salah satu ciri utama abad 21 adalah dijadikannya teknologi informasi sebagai bagian tak terpisahkan dari berbagai aktifitas keseharian tak terkecuali aktifitas pembangunan pertanian, sehingga tidaklah mengherankan dalam konteks seperti ini maka ketidakmampuan seseorang mengakses teknologi informasi dianggap sesuatu yang ketinggalan zaman atau tidak maju.

Perkembangan teknologi informasi begitu cepat sehingga menuntut peningkatan kualitas sumber daya manusia pertanian khusus Penyuluh Pertanian untuk memahami teknologi informasi dan komunikasi selain dari ilmu-ilmu mengenai pertanian. Penyuluh Pertanian harus mau dan mampu mengaplikasikan teknologi informasi dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian.

Penggunaan teknologi informasi dalam dunia penyuluhan pertanian adalah sebagai alat bantu untuk menyampaikan informasi secara langsung sehingga dengan menggunakan teknologi informasi yang ada seperti saat ini para petani lebih mudah untuk memahami dan menerima informasi yang diberikan oleh Penyuluh Pertanian.

Oleh karena itu Penyuluh Pertanian perlu terus diberi kesempatan untuk belajar mengembangkan keterampilan dan keahlian dengan pelatihan. Dengan terselenggaranya Pelatihan Teknologi Informasi Penyuluhan Pertanian ini diharapkan petani lebih mudah menerapkan inovasi pertanian sehingga kualitas dan produktivitas produk pertanian kita dapat meningkat sesuai target yang telah kita tetapkan.

Percepatan pembangunan di Kabupaten Buol akan banyak ditentukan oleh efektifitas pelayanan aparatur pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat baik pembangunan fisik dan non fisik sebagaimana pelayanan penyuluhan pertanian, yang di emban oleh Penyuluh Pertanian yang hadir ditempat ini.

Kegiatan Pelatihan teknologi informasi penyuluhan pertanian ini, adalah momentum yang sangat penting dan mempunyai makna tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat Buol, mengingat Pembangunan Pertanian khususnya Pengembangan Usaha Agribisnis sangat sejalan dengan Visi dan Misi Kabupaten Buol periode 2017-2022 yakni “MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN DENGAN BERTUMPU PADA KEMANDIRIAN DAN KEDAULATAN RAKYAT ” dengan salah satu misi adalah MEWUJUDKAN PENGELOLAAN SUMBERDAYA PERTANIAN DAN MARITIM YANG OPTIMAL DAN BERKELANJUTAN.

Peran Penyuluh Pertanian sangat besar dalam mensukseskan visi dan misi tersebut terutama dalam mendukung program unggulan yang telah digulirkan yaitu One Man One Cow dengan target pencapaian 50.000 ekor sapi, serta 50.000 ton beras dan 100.000 ton jagung pada akhir masa jabatan Bupati yaitu tahun 2022. Program ini merupakan faktor pendorong tumbuh dan berkembangnya sektor Pertanian di Kabupaten Buol yang diharapkan menjadi roda penggerak perekonomian pembangunan ekonomi di Kabupaten Buol’.

Semoga program unggulan yaitu One Man One Cow dengan target pencapaian 50.000 ekor sapi, serta 50.000 ton beras dan 100.000 ton jagung dibawah Kepemimpinan Bupati Buol dr. H. Amirudin Rauf, S.Pog., M.Si dan Wakil Bupati Buol H. Abdullah Batalipu, S.Sos., M.Si pada akhirnya dapat tercapai sebelum tahun 2022.


Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *