Home » Berita » Panen Perdana Padi Sawah Program Gertakbos dengan intervensi Dana Desa.

dr. H. Amirudin Rauf, Sp.OG,M.Si

Salam Pembangunan

Selamat datang di Portal dan Website Pemerintah Kabupaten Buol. Portal dan Website ini adalah sarana komunikasi dan berbagi informasi antara Pemerintah dan Masyarakat serta sebagai media publikasi pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan layanan kemasyarakatan dan juga sebagai sarana menampung dan menjawab segala keluhan masyarakat terkait layanan publik dan pembangunan wilayah. Terima kasih atas kunjungannya, semoga Portal dan Webiste ini dapat memenuhi kebutuhan informasi Anda. Admin

Panen Perdana Padi Sawah Program Gertakbos dengan intervensi Dana Desa.

Rabu, 11 November 2020 Pukul 10.00 Wita

Bupati Buol H. Amirudin Rauf, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Buol, Drs. Mohammad Suprizal Jusuf, MM, didampingi oleh Asisten II, Kadis Pertanian, , Kadis Kumoerindagkop, Bidang Tehnis PUPR dan Direktur Perusda Kabupaten Buol mengunjungi Desa Talaki, Kecamatan Paleleh, dalam giat Panen Perdana Padi Sawah Program Gertakbos dengan intevensi Dana Desa.
kegiatan Panen perdana Padi Sawah Desa Talaki, merupakan wujud dari bentuk keseriusan Pemerintah Kecamatan dalam mendukung program Bapak Bupati Buol GERTAK BOS atau Gerakan Tanam Serentak Buol Swasembada. untuk meningkatkan hasil produksi maka pemerintah Desa Talaki mengintervensi program ini dengan bantuan dana desa melalui penyediaan BBM dan Pelumas/oli untuk giat pengolahan lahan, serta kebutuhan 21 unit Handtrakto. Maka dengan hal tersebut jadwal tanam dapat dilakukan secara serentak. demikian juga pemberian pupuk sesuai aturan yg di dampingi oleh petugas Dinas Pertanian melalui penyuluh kecamatan dan desa, Alhamdulillah hasil telah di capai produksi 10,2 Ton/ha gabah kering panen (Gkp) dan beras, 5.4 Ton/ha jika diuangkan 5.400 kg x Rp.10.000/kg maka hasil petani adalah Rp.54.juta/ha/panen.
Sejalan dengan hal tersebut Kadis Pertanian Ir. Usman Hasan menyampaikan bahwa program ini juga sejalan dengan Program Dinas Pertanian dalam bentuk pemberian bantuan bibit dan benih serta bahan olahan lainnya dalam rangka penanganan Covid 19 termasuk yang ada di Desa Talaki dan hasilnya saat ini telah di Panen. Hasil yang dicapai oleh Desa Talaki adalah hal yang sangat maksimal dimana dari seluruh program tanam serentak Desa Talaki adalah sangat luar biasa karena mampu menyatukan semua stakeholder dan dilaksanakan melalui kerjasama yang baik antara Pemerintah Desa, Penyuluh, maupun kelompok tani.
Sekretaris Daerah dalam sambutanya menyampaikan atas nama Bupati Buol memberikan Apresiasi dan Penghargaan bagi Pemerintah Kecamatan dan Desa Talaki serta seluruh Petani atas pelaksanaan Panen Perdana yang dilakukan dan hasil yang maksimal dan luar biasa. Diharapkan nanti program gertakbos akan tetap berkelanjutan dan bisa dipertahankan serta harus lebih meningkat kedepannya. Selanjutnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Buol menekankan peranan Bumdes yang ada di Desa, kerena kedepan Pemerintah Pusat menekankan terkait penggunaan dana desa tidak lagi dalam bentuk fisik lagi tapi lebih mengarah ke Pemberdayaan termasuk peran Bumdes. ” segera desa Talaki usulkan untuk mendapatkan Mobil Bumdes, insya Allah Tahun depan kita mendapatkan 5 unit Mobil Bumdes melalui dana DAK dari Kementrian Desa semoga Desa Talaki dengan adanya Mobil Bumdes bisa lebih meningkatkan hasil pertanian khusunya padi sawah dan jagung ” Ujar Sekda.
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan.