Home »

dr. H. Amirudin Rauf, Sp.OG,M.Si

Salam Pembangunan

Selamat datang di Portal dan Website Pemerintah Kabupaten Buol. Portal dan Website ini adalah sarana komunikasi dan berbagi informasi antara Pemerintah dan Masyarakat serta sebagai media publikasi pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan layanan kemasyarakatan dan juga sebagai sarana menampung dan menjawab segala keluhan masyarakat terkait layanan publik dan pembangunan wilayah. Terima kasih atas kunjungannya, semoga Portal dan Webiste ini dapat memenuhi kebutuhan informasi Anda. Admin

Kongres Nasional I Perlindungan Konsumen Tahun 2018

(Buolkab.go.id) Wakil Bupati Buol Abdullah Batalipu Bersama Plt. Kepala Dinas Perhubungan, plt Kepala Dinas Komunikasi dan informatika, Sekretaris Perhubungan dan Para kepala bidang di lingkup Dinas Perdagangan, Kominfo, dan Perhubungan yang terkait menghadiri langsung Kongres Nasional I Perlindungan Konsumen tahun 2018 yang dilaksanakan di Hotel Balava Malang, Jawa Timur, Senin 27 Agustus 2018. Kongres Nasional I ini membahas majunya E-Commerce di Indonesia, seperti Traveloka, Gojek, Grab dan lainnya. mengingat perkembangan tersebut, sangat dibutuhkan regulasi yang bisa mencegah hal yang dapat merugikan konsumen, selain itu juga perlunya perhatian didalam menciptakan dunia persaingan usaha yang baik guna mencegah terjadinya fluktuasi harga yang tidak teratur dan tanpa kontrol.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 27-30 Agustus 2018 ini dibuka oleh Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Staf ahli Mendagri  Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik  yang juga Wakil Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri ( IPDN ) Dr. Redonnyzar Moenek, M.Devt.M. Dalam Sambutannya mengatakan untuk mengantisipasi hal tersebut maka pemerintah telah menyusun kebijakan dengan diaturnya Urusan Wajib Daerah melalui Kominfo dalam urusan Bidang Komunikasi dan Informatika Daerah dan dalam Undang Undang Perdagangan telah diatur perlindungan konsumen dan menjadi wewenang pemerintah provinsi melalui BPSK ( Badan Perlindungan Sengketa Konsumen ). maka daerah memiliki posisi dan urgensi untuk hal tersebut dengan menampung program dan anggaran terkait dengan perlindungan konsumen. Diharapkan kedepan Pemerintah Daerah daat memfasilitasi UMKM dalam membantu pemasaran secara online. karena hal ini terbukti bahwa saat ini bentuk pemasaran hampir 50% melalui Online, Ucap Beliau. Turut hadir perwakilan dari berbagai kementerian dan Lembaga Negara serta Kepala Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia. Kongres Nasional ini diselenggarakan oleh Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional Indonesia ( LPKNI ) yang difasilitasi oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Kongres Nasional ini mengangkat tema ” Perdagangan barang dan jasa online”. Resolusi hasil kongres ini juga akan dibawa ke Kongres Internasional perdagangan barang dan jasa online di jepang tahun 2019 mendatang.


Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *