Home » Tak Berkategori » Bursa Inovasi Desa Pacu Percepatan Pembangunan

Salam Pembangunan

Selamat datang di Portal dan Website Pemerintah Kabupaten Buol. Portal dan Website ini adalah sarana komunikasi dan berbagi informasi antara Pemerintah dan Masyarakat serta sebagai media publikasi pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan layanan kemasyarakatan dan juga sebagai sarana menampung dan menjawab segala keluhan masyarakat terkait layanan publik dan pembangunan wilayah.

Terima kasih atas kunjungannya, semoga Portal dan Webiste ini dapat memenuhi kebutuhan informasi Anda.

Admin

Hubungi Kami

Kompleks Blokplan Perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Buol Jl. Batalipu Kelurahan Leok II Kecamatan Biau Kab. Buol, 94563

Telp/Fax : (+62) 445 211011, Website : www.buolkab.go.id, e-Mail :  info@buolkab.go.id

 

Temukan Kami Disini

Bursa Inovasi Desa Pacu Percepatan Pembangunan

(buolkab.go.id) Pemerintah Kabupaten Buol dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa terus melakukan motivasi mempercepat proses pembangunan dan pemberdayaan  desa melalui kegiatan program Nasional  Bursa Inovasi Desa. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buol setelah sebelumnya melaksanakan Sosialisasi Kerjasama Pengembangan Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES) yang di buka secara resmi oleh Bupati Buol Amirudin Rauf pada Senin ( 4/12/17) bertempat di Aula SKB Kabupaten Buol.

Kegiatan Bursa Inovasi Desa yang dibuka oleh Sekretaris Kabupaten Buol Abd. Hamid lakuntu   pada Selasa (5/12/17) di Hotel Surya Wisata, Kelurahan Kali. Peserta Bursa Inovasi Desa meliputi Kepala Desa se- kabupaten Buol, Ketua BPD , Perwakilan Masyarakat Desa, TPID.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buol Selaku Koordinator Tim Inovasi Kabupaten Drs. Masrul Day Hasyim menjelaskan,  Bursa Inovasi Desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran  inisiatif atau inovasi – inovasi masyarakat yang berkembang  di desa – desa di Kabupaten Buol. Gunanya untuk menjembatani kebutuhan desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif. Sedangkan sasaran program adalah untuk meningkatkan kualitas pembangunan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa meliputi bidang kewirausahaan dan pengembangan ekonomi lokal, kemudian bidang Sumber Daya Manusia dan selanjutnya Bidang Infrastuktur Desa.

Kepala Seksi Pengembangan Kapasitas Masyarakat TTG dan SDA selaku Ketua Panitia Pelaksana Bursa Inovasi Desa , Lisa Monalisa SSTP dalam laporannya menjelaskan strategi percepatan Program Inovasi Desa ( PID ) TA 2017 dimulai dari Pembentukan Tim Inovasi Kabupaten, kemudian dilanjutkan dengan Tim Pelaksana Inovasi Desa yang dibentuk pada pelaksanaan Musyawarah antar Desa tingkat kecamatan. Pelaksanaan kegiatan Bursa Inovasi Desa, serta replikasi kegiatan inovasi tertuang dalam RKP Desa TA 2018. Dukungan Dana Operasional Kegiatan (DOK)  secara keseluruhan untuk 10 Kecamatan di Kabupaten Buol adalah sebesar Rp. 497.820.000. sesuai petunjuk tekhnis percepatan PID TA 2017 bahwa pelaksanaan  Bursa Inovasi Desa ditingkat Kabupaten dengan pembiayaan maksimal 20% dari DOK kecamatan, namun untuk tahun depan pelaksanaan bursa akan dilaksanakan di masing-masing kecamatan.

Lisa Monalisa yang kami temui usai pelaksanaan kegiatan menyampaikan bahwa  pada pelaksanaan kegiatan, peserta menerima materi yang ditampilkan khususnya kegiatan yang sudah dilaksanakan dan dinilai inovatif dibidang kewirausahaan, SDM dan Infrastruktur. “Dengan metode Dokumentasi / media tayang, konsultasi antara konsultan dan peserta serta diselingi diskusi”, ujar Lisa.


Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Desember 2017
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kabar OPD

Link Terkait

Flag Counter