Home » Tak Berkategori » Mentan Apresiasi Program Pengembangan Jagung dan Sapi di Kabupaten Buol

Salam Pembangunan

Selamat datang di Portal dan Website Pemerintah Kabupaten Buol. Portal dan Website ini adalah sarana komunikasi dan berbagi informasi antara Pemerintah dan Masyarakat serta sebagai media publikasi pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan layanan kemasyarakatan dan juga sebagai sarana menampung dan menjawab segala keluhan masyarakat terkait layanan publik dan pembangunan wilayah.

Terima kasih atas kunjungannya, semoga Portal dan Webiste ini dapat memenuhi kebutuhan informasi Anda.

Admin

Hubungi Kami

Kompleks Blokplan Perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Buol Jl. Batalipu Kelurahan Leok II Kecamatan Biau Kab. Buol, 94563

Telp/Fax : (+62) 445 211011, Website : www.buolkab.go.id, e-Mail :  info@buolkab.go.id

 

Temukan Kami Disini

Mentan Apresiasi Program Pengembangan Jagung dan Sapi di Kabupaten Buol

(buolkab.go.id) Satu lagi program pembangunan daerah yang mendapat apresiasi pemerintah pusat yaitu program pengembangan tanaman jagung dan ternak sapi yang sejak beberapa tahun lalu digagas Bupati Buol Amirudin Rauf melalui program P3K. Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengapresiasi program tersebut dan berharap program ini menjadi fokus pemerintah daerah. Hal tersebut diungkapkan Mentan pada saat memberikan arahan pada pertemuan audience Tim Kerjasama Utara-Utara bersama jajaran Kementerian Pertanian di Jakarta, Selasa (12/9/17).

Tim Kerjasama Utara-Utara yang turut hadir pada pertemuan audience tersebut selain Bupati Buol turut dihadiri beberapa Bupati dalam wilayah Kerjasama Utara-Utara diantaranya Bupati Gorut, Bupati Bone Bolango, dan Bupati Bolaang Mongondow Utara serta Ketua DPRD, Kepala Bappeda, dan Kadis Pertanian masing-masing wilayah Kerjasama Utara-Utara.

Dihadapan Menteri Pertanian dalam pertemuan tersebut Bupati Buol Amirudin Rauf memaparkan beberapa program pertanian yang akan dilaksanakan di Kabupaten Buol diantaranya program pengembangan komoditi jagung dan ternak sapi melalui pola mini ranch dan pola integrasi bersama komoditas kelapa sawit yang cukup dikenal secara nasional menjadi salah satu komoditas unggulan Kabupaten Buol.

“Dalam tiga tahun terakhir, produksi jagung di Kabupaten Buol mengalami peningkatan yang cukup signifikan, pada Tahun 2016 mencapai 48 ribu  ton lebih dan pada Tahun 2017 sampai dengan Agustus telah mencapai 36 ribu ton lebih dan akan ditingkatkan terus pada tahun-tahun berikutnya, demikian pula disektor peternakan pada tahun anggaran 2018 akan dilaokasikan anggaran sekitar 30 milyar untuk membangunan demplot pembibitan dan penggemukan ternak sapi potong pada lahan seluas lebih kurang 1.000 ha” paparnya.

Pada kesempatan itu Amirudin menambahkan dipilihnya pola tersebut karena potensi lahan masih cukup tersedia demikian pula lahan perkebunan kelapa sawit yang menjadi tempat pengembangan ternak sapi dengan pola integrasi masih cukup luas dan belum sepenuhnya termanfaatkan dengan baik. Masih menurut Amirudin, di wilayah Kabupaten Buol banyak lahan yang tidak dapat dimanfaatkan karena merupakan tanah rawah, sehingga pada Tahun 2018 telah dialokasikan anggaran lebih kurang 1 milyar untuk menyusun perencanaan pembangunan kanalisasi bekerjasama dengan ITB.  Program tersebut diberi nama Bersahabat dengan Air.

“Dengan program ini nantinya diharapkan bisa mengatasi banjir yang rutin terjadi setiap tahunnya dan menjadi sumber air dikala musim kemarau” tandasnya.

Dalam arahannya beberapa hal disampaikan Mentan diantaranya pihaknya memberikan jaminan apabila pembangunan pertanian di daerah berhasil, dengan sendirinya investor akan datang. Olehnya itu masih menurut Mentan, kementerian pertanian akan membantu mengalokasikan anggaran sebesar 7 trilyun alsintan dan akan diberikan kepada daerah yang serius.

Pada akhir pertemuan Menteri Pertanian menyatakan kesediaannya akan datang pada peringatan HUT Kabupaten Buol tanggal 12 Oktober 2017 bersama dengan Direktur BRI, Komisis IV DPR RI, Dirjen Peternakan dan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian.


Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

September 2017
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Kabar OPD

Link Terkait

Flag Counter