Project Smart Tree-Invest Resmi Berakhir

(buolkab.go.d) Project Action Research Climate-smart, Tree-based, Co-Investment in Adaptation and Mitigation in Asia (Smart Tree-Invest/STI) yang dilaksanakan sejak tahun 2014 sampai 2017 di tiga Negara yaitu Indonesia, Filiphina, dan Vietnam secara resmi berakhir. Penutupan berakhirnya program tersebut dilaksanakan melalui sebuah Workshop yang dilaksanakan di Hotel Gran Melia Jakarta, Rabu (17/05).

‘Climate-smart, Tree-based, Co-investment in Adaptation an

d

Mitigation in Asia’ (Smart Tree-Invest) yang dikoordinir oleh World Agroforestry Center (ICRAF) bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan ketahanan petani terhadap perubahan iklim melalui pengarusutamaan kegiatan pertanian berbasis pohon yang peka-iklim (climate-smart, tree-based agriculture) di Indonesia, Filipina, dan Vietnam. Proyek ini merupakan kelanjutan dari upaya jangka panjang ICRAF yang mengarusutamakan insentif (ekonomi maupun non-ekonomi) untuk mencegah (mitigasi) perubahan iklim dan menghentikan degradasi lingkungan, melalui skema jasa lingkungan di bentang alam pertanian berbasis-pohon. Lokasi dan jangkauan proyek penelitian ini di Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia, Provinsi Bukidno

n, Filipina, dan Provinsi Ha Tinh, Vietnam.

Dalam paparannya pada pelaksanaan Southeast Asia Regional Workshop berakhirnya proyek ini, Bupati Buol Amirudin Rauf sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan penelitian aksi Smart Tree-Invest yang dilaksanakan di Kabupaten Buol selama 3 tahun dan berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut karena sangat membantu dan sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Daerah dalam pembangunan pertanian yang berbasis pohon dengan pendekatan kelestarian lingkungan hidup.

Kegiatan workshop yang dibuka langsung Regional Coordinator World Agroforestry Centre Southeast Asia Prof. Dr. Ingrid Oborn selain dihadiri Bupati Buol dan beberapa OPD terkait serta anggoat Pokja DAS Bumi Pogogul Buol, turut pula dihadiri beberapa Kementerian terkait diantaranya Bappenas, Kementerian Kehutanan dan LH, dan Kementerian Pertanian serta perwakilan beberapa unsur dari Filiphina dan Vietnam. Kegiatan workshop sehari ini ikut pula dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya paparan capaian pelaksanaan Smart Tree-Invest di tiga Negara, talkshow, pameran, dan diskusi terfokus yang membahas beberapa inovasi yang dihasilkan dari pelaksanaan program, best practise, dan replikasi serta perluasan cakupan program dimasa yang akan datang.

2 thoughts on “Project Smart Tree-Invest Resmi Berakhir”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *